Pride

teman teman alumni pesantren pada upload no. stb (stampbook). semacam id number yang jadi angka keramat. musti dihafal baik baik, kombinasi angkanya plus bacanya in english and arabic (soal no. stb ini jadi sial wajib tiap ujian lisan)

i dont know why.

ga ngerti alasan pastinya. pun ga tau juga siapa yg memulai trend ini. agak sulit melacaknya dari sekian ratus ribu atau mungkin jutaan alumni, apalagi pengguna sosmed.

me?

ga, saya ga ikut ikut upload.

selain ga tau alasan jelasnya, itu data yang private utk saya sendiri.

ga, saya ga lupa no. stb saya. jangankan kombinasi 4 angka itu, id number di ktp yg berderet segitu panjangnya aja saya hafal ko.

ga, bukan berarti saya ga peduli.

saya menganalisa dan menyimpulkan gerakan upload no stb itu adalah bagian dari keberpihakan dan dukungan mereka atas isu yang melanda kyai kami.

memang benar, ada adagium yang berbunyi Gontor perlu dibantu, dibela dan diperjuangkan. 

ada juga yang berbunyi Bondo bahu, pikir, lek perlu sak nyawane pisan. 

ga, bukan berarti saya acuh.

taruhlah saya adalah muslim dengan selemah lemahnya iman yang hanya bisa bersimpuh, menengadahkan tangan seraya memohon kesehatan, kekuatan, penjagaan dan petunjuk Allah atas guru guru kami.

taruhlah saya belum mampu memenuhi satu pun komponen jihad yang disebutkan diatas (tenaga, pikiran, nyawa)

taruhlah saya hanya bisa menuliskan barisan kalimat ini sebagai bentuk kebanggaan dan kepedulian saya.

kebanggaan itu ga pudar hanya karena ga ikut tren kekinian.
dan 1 lagi (kalo yg ini si karena kebanyakan nonton serial detektif, agen rahasia atau mata mata), mengirim data data pribadi untuk konsumsi publik itu riskan. khawatir disalah gunakan orang orang yg ga bertanggung jawab. (sebelum ini ada tren emak emak yg upload data data kelahiran anak mereka)
tanpa bermaksud mendiskreditkan teman teman yang ikut tren kekinian tsb, saya tetap respect sama mereka.

but for me, Pride doesnt have to spill out privacy.

Leave a Reply

