Keep Your Head Down

~

one day, pas lagi ada meeting bulanan di daerah Jalan Baru Bogor dan mau balik ke ‘tempat asal’ di daerah Bogor Tengah. dari sebelum sampe JB (jalan baru) udh mikir mau naik apa ke Kota, secara jalanannya macetosss dan emang masih awam sama rute angkot kota hujan ini. tapi akhirnya si ga jadi mumet, soalnya ketemu teman yg juga mau ke arah yg sama di JB. jadilah kita memutuskan naik jasa angkutan onlen (selain buta arah, kita juga fakir diskonan – sesuatu yg ga mugkin didapat kalo baik angkot- hahaa…)

dan… ngobrol lah kita sama driver nya yg ramah dan rendah hati. gimana ga rendah hati?? kita dibikinin tercengang dengan fakta bahwa driver kita ni sebenernya adalah….. Ranger Merah!!! engga ding ๐Ÿ˜„. Driver kita ternyata bos konveksi yg seminggu bisa selesaikan pesanan 9000 potong kaos. sadis ga tuh? katanya si, dia cm bantu ayahnya mengembangkan usaha yg udh dirintis… and guess what??? umurnya baru 25 tahun!! nah… sampe sini pasti banyak yg ter wow-wow sendiri. iya kaaaannn???

~

di lain waktu, saya naik angkot dr Cibinong – Simpang Depok. saya duduk di muka, duduk di samping pak sopir yang sedang, mengendarai angkot supaya baik jalannya. si bapak mulai obrolan dengan “neng, kenapa si dari td saya liat orang-orang mukanya pada asem semua? katanya baru pada gajian??? bukannya seneng lagi banyak duit?” saya jawab aja sekenanya “mungkin habis gajian trus gajiannya abis pak!” lah… bapaknya ketawa girang banget, heran… lucunya dimana?

sepanjang perjalanan, bapaknya ceramah… baik si, intinya tentang esensi hidup dan kehidupan. si bapak bilang “kalo orang getol banget kerja cari duit, jungkir balik siang malem sampe kepala jadi kaki, kaki jadi kepala, tapi pas adzan dia ga langsung wudhu trus sholat, udah jelas kan, tuhan dia apa? ya ntar di akhirat ya dia bakal dikumpulin tuh ama yg dia kejar2 di dunia” jreeennggg… rasanya makjleb! saya manggut2 aja dengerin bapaknya ngomong. yang ga kalah wow sama juragan konveksi tadi adalah… ternyata si bapak asli Betawi. rumahnya yg di Jatinegara di kontrakin. dia punya kios di pasar induk, jualan bawang. di cibinong dia punya rumah sendiri + kontrakan. angkot yang dia pake untuk angkut penumpang punya dia sendiri. 

pas ditanya kenapa milih narik angkot, bapaknya santai menjawab “emang ngapah? pan halal neng, saya juga jadi tenang kasi nafkah anak istri saya di rumah” duh… 

si bapaknya maksimal narik 3 rit. kalo ga narik, beliau di rumah aja atau ikut kajian. trus kan jadi kepo kan sama cara beliau memandang dunia, jadi saya tanya “pak, menurut bapak, kenapa muslim di kota sebelah ga bulat mendukung 1 suara? kan mereka udh diajarin ngaji dr kecil…” mau tau jawabnya apa? “neng, kalo cuma ngaji mah…. banyak yang bisa. masalahnya, ntu ayat abis dia ngaji, dikaji ape kagak? pengajian emang bejibun dimane mane, yg  ga ada mah pengkajian  ilmu nye! jadi neng yee… baek baek jadi orang. jilbab udah lebar, udh bagus pake baju panjang gitu, kudunya mah… ramah juga. jangan jutek kaya mba2 pake jilbab yg onoh. kite samperin dienye mundur, bilang kek kalo ga mau naik, jgn manyun aja tu bibir” (serius ini bapaknya ngomong ini)


ah…

dunia masih dihuni orang2 baik ternyata.kalo ketemu orang kaya gitu kan kesel… kenapa kita belum bisa kaya gitu. 

si mas2 juragan konveksi udh nolongin orang2 dekat dia biar ttp ngebul dapurnya dgn cara bagi2 jatah jahutan baju. si bapak sopir angkot juga greget dgn kesedehanaannya (habis ngobrol sm bapak itu, jadi pengen bikin riset kecil2an  tentang nilai2 keislaman yg ada di kearifan lokal macam2 suku di Indonesia, hush… jangan diketawain

makasi Ya Allah untuk remindernya lewat dua orang ini.


yuk, sama2 memperbaiki diri๐Ÿ˜Š

Advertisements